6 Hal Ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Usia 20 Tahunan

Foto: Lpmmissi.com/  linovhr.com . Memasuki usia 20 tahunan merupakan masa-masa yang bisa dibilang rentan akan permasalahan dan penuh akan k...

Foto: Lpmmissi.com/ linovhr.com.
Memasuki usia 20 tahunan merupakan masa-masa yang bisa dibilang rentan akan permasalahan dan penuh akan ketengangan emosional. Iya karena memang usia 20 tahunan tergolong fase dewasa awal, dimana dalam fase ini merupakan masa pencarian, penemuan, pemantapan dan reproduktif.  Di usia yang krusial ini, tugas perkembangan yang harus kamu selesaikan tentu bertambah, kamu juga dituntut untuk memiliki karir, penghasilan, serta peran nyata di lingkungan masyarakat. 

Pada usia ini kamu dipaksa untuk menjadi kuat dalam menghadapi keadaan, baik secara fisik ataupun mental, penuh tanggungjawab, menjadi lebih mandiri yakni melepaskan ketergantungan kita terhadap orang lain baik dari segi ekonomi, sosiologis, maupun psikologis.


Selain itu, saat usia tersebut berarti kamu harus benar-benar bisa memilih serta memilah hal-hal apa yang harus kita lakukan. Pasalnya, apa yang kamu lakukan sekarang taruhannya adalah masa depan. Adapun beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika memasuki usia 20 tahunan adalah sebagai berikuit :

1. Membuat “To do list” Rencana Hidup

Foto: Lpmmissi.com/ linovhr.com.
Biasanya, ketika kamu memasuki usia 20 tahunan, maka kamu akan merasa dilema akan keadaan bahkan seketika bisa saja kamu kehilangan arah tujuan hidup. Terkadang kamu sering merasa bingung ingin melakukan apa. Untuk itu, sangatlah penting membuat perencanaan hidup, agar kamu tau betul apa yang ingin kamu lakukan.

2. Memperluas Relasi Pertemanan

Foto: Lpmmissi.com/ idntimes.com.
Memperluas relasi pertemanan adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan. Selain berpengaruh terhadap pengalamanmu, relasi pertemanan sangatlah berguna untuk mempermudah dan membantu mencari pekerjaan di masa yang akan datang. 

Baca juga: 5 Hal Yang Jarang Diketahui Mahasiswa Baru

3. Mengetahui Skill (Ketrampilan) yang Dimiliki

Foto: Lpmmissi.com/ doktersehat.com.
Jika di usia 20 tahunan,  kamu belum mengetahui skill atau kemampuan apa yang ada dalam diri,  tentu hal tersebut akan mempersulit kamu dalam mengakses dan menentukan hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk masa yang akan datang. 

Oleh karenanya skill merupakan salah satu hal penting yang harus kamu miliki.  Tak dipungkiri skill akan berpengaruh besar terhadap perkembangan karir kamu. Jadi, semisal kamu belum mengetahui skillmu apa, alangkah baiknya kamu terus belajar dan menggalinya agar masa depanmu terlihat cerah. 

4. Keluar dari Zona Nyaman

Foto: Lpmmissi.com/ hipwee.com.
Banyak hal yang harus kita capai dimasa dewasa awal. Untuk itu, alangkah lebih baik kamu harus berani keluar dari zona nyaman. Selain itu kamu juga harus open minded untuk mengetahui banyak hal, menentukan prioritas, memanfaatkan segala peluang dan berani mengambil segala resiko. 

5. Menerapkan Self-boundaries atau Batasan Diri

Foto: Lpmmissi.com/ golife.id.
Banyaknya tugas perkembangan yang harus dicapai, alangkah baiknya jika kamu menerapkan self-boundaries atau pembatasan diri dengan orang lain. Hal ini bukan berarti kamu menghindar atau tidak perduli dengan orang lain. 

Namun, self-boundaries ini kamu terapkan agar kita bisa memilih dan memilah waktu  serta tenaga yang kamu gunakan untuk apa. Jikalau kamu tidak memiliki “batasan” tentulah waktu dan tenaga kamu akan habis untuk orang lain. Padahal, tentu kamu juga memiliki target yang harus dicapai.

6. Berkumpul Dengan Lingkungan Baik

Lpmmissi.com/ chatowl.com.
Berkumpul dengan lingkungan baik merupakan hal yang harus kamu lakukan. Pasalnya, lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap kesuksesan kamu. Sebab lingkungan akan memberi dampak besar terhadap cara kamu dalam berpikir, aktivitas yang akan kamu lakukan serta banyak hal lainnya. Maka dari itu, ketika kamu berkumpul dengan lingkungan yang baik maka energi yang kamu dapatkan ialah energi positif. 

Beberapa point diatas merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika memasuki usia 20 tahunan. Kemudian hal tersebut,  tentu bisa jadi modal investasi kamu di masa yang akan datang. Sebab usia 20 tahuan memanglah fase yang cukup kompleks akan tuntutan kehidupan. Meskipun harus lelah dan merasakan up and down berkali-kali tapi hal yang wajar dan yang terpenting jangan putus asa  supaya kita memiliki kehidupan lebih baik di fase selanjutnya.

Oleh: Anis Sapitri

COMMENTS

Nama

Artikel,77,Berita,561,buku,1,Cerpen,7,esai,2,Fakultas,73,features,9,Galeri,14,Histori,1,HMJ,5,Indepth,8,Kata Mereka,6,kolom,6,Opini,32,puisi,16,resensi,17,Sastra,27,Semarangan,50,Straight,142,Surat Pembaca,1,Tafakur,18,Tips,27,Tokoh,6,Universitas,136,Video,3,Wacana,63,
ltr
item
LPM MISSI: 6 Hal Ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Usia 20 Tahunan
6 Hal Ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Usia 20 Tahunan
https://1.bp.blogspot.com/-8MzusaRUNpA/X3sIfASgxvI/AAAAAAAAFWg/XatWYhGTALIyJ2f7Xx81swBc9N36YifJQCLcBGAsYHQ/w640-h426/An1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8MzusaRUNpA/X3sIfASgxvI/AAAAAAAAFWg/XatWYhGTALIyJ2f7Xx81swBc9N36YifJQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/An1.jpg
LPM MISSI
https://www.lpmmissi.com/2020/10/memasuki-usia-20-ini-persiapannya.html
https://www.lpmmissi.com/
https://www.lpmmissi.com/
https://www.lpmmissi.com/2020/10/memasuki-usia-20-ini-persiapannya.html
true
6110729941806746376
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy