Kemunduran Adab Kartini Zaman Now

Merefleksikan makna kartini di zaman now, tentu akan teringat hari bersejarah pada tanggal 21 April. Sebab, kita diajak untuk mengenal jasa Raden Adjeng Kartini dalam mendirikan sekolah wanita sebagai wujud kecintaanya dalam mengabdi untuk bangsa, melalui langkah perjuangan atas simbol empansipasi wanita.

Foto: lpmmissi.com / medium.com

Merefleksikan makna kartini di zaman now, tentu akan teringat hari bersejarah pada tanggal 21 April. Sebab, kita diajak untuk mengenal jasa Raden Adjeng Kartini  dalam mendirikan sekolah wanita sebagai wujud kecintaanya dalam mengabdi untuk bangsa, melalui langkah perjuangan atas simbol empansipasi wanita.

Cita-cita besarnya telah tertuang dalam surat atas disposisi kepada wanita Eropa dalam wujud diadakanya kongres perempuan tahun 1928, sebagai dedikasi terhadap bangsa yang tidak bisa dinilai harganya.

Namun, sejauh perkembangan zaman di era milenial ini, banyak juga yang mengganggap bahwa Kartini telah gagal memperjuangkan emansipasi wanita. Hal ini dikarenakan statusnya  hanya sebagai lulusan sekolah di ELS (Europese Lagere School) yang sederajat dengan tamatan Sekolah Dasar (SD). Lantas juga menikah diusia muda dengan Raden Adipati Joyodiningrat, yang merupakan seorang Bupati Rembang dan akhirnya harus gagal dalam melanjutkan beasiswanya.

Kala itu, perjodohan mutlak dilakukan untuk budaya masyarakat Jawa. Kartini  tidak pernah menentang atas kehendak orangtuanya. Dirinya tetap menunjukan sikap sopan santun dengan tata krama yang lembut tanpa pernah memaki.  Hal ini ditunjukan sebagai bentuk sikap patuh berbakti kepada orang tua, dimana dalam konteks saat ini seharusnya dapat dijadikan contoh sikap teladan atas adab baik yang dilakukanya.

Baca juga: Perempuan dalam Jeratan Undang-Undang

Tak berhenti sampai disini, perjuangan Kartini dalam menunjukan hak-hak wanita terus diperjuangkan dimasa dirinya masih menjadi istri Bupati Rembang. Dirinya mendirikan Sekolah perempuan pertama  yang saat ini dikenal sebagai Gedung Pramuka Rembang.

Karena sikap yang ditunjukan Kartini dalam menyikapi perjodohan, kemudian dapat memaknai etika, adab dan kesopanan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pentingnya adab dijadikan simbol ideologi Pancasila tepatnya pada sila ke-dua  yang berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab".

Tentu hal ini menjadi sangat sakral jika ditentang. Pasalnya, dasar negara Indonesia telah dibuat dan disetujui oleh Presiden pertama Ir. Soekarno beserta para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. 

Andaikan saja, pendidikan wanita tidak diperjuangkan oleh Kartini, mana mungkin generasi sekarang bisa mengenyam pendidikan tanpa ada unsur pembeda dan menerapkan kesetaraan gender.  Bahkan dengan ilmu pendidikan, generasi zaman sekarang dapat menjadi harapan anak bangsa untuk dapat melalang buana ke penjuru dunia. 

Tentu hal semacam ini perlu diingat, jangan sampai peradaban modern mengantarkan pada hilangnya moral dan adab kesopanan yang dapat berujung pada degradasi menghancurkan segalanya.

Lalu bagaimana merefleksikan dan memaknai Kartini di zaman now ini? Bisakah kita mempertanggungjawaban pada generasi sekarang atas perjuangan emansipasi wanita? 

Baca juga: Mengakui dan Mengingkari Martabat Perempuan

Di zaman sekarang generasi muda memiliki garis kesopanan yang menurun dan berada pada stagnan kemunduran amoralitas memberikan ancaman pada pada generasi sekarang. Banyak Kasus sebagai contoh menurunya garis kesopanan. 

Seperti kenakalan remaja yang sudah di ambang batas yang wajar. Contohnya  terdapat aksi dua remaja pria mengendarai motor beratraksi dengan melindas gundukan-gundukan makam dan terlihat tertawa saat melakukanya. 

Kemudian ada juga yang viral di media sosial remaja memperlihatkan pelajar  SMA yang sedang berpesta minuman keras. 

Telah banyak contoh permasalahan adab seperti diatas, hal ini tentu menjadi tugas kita semua untuk memperbaikinya. Jika tidak dibenahi, dapat menghilangkan nilai luhur  apresiasi refleksi sikap kartini di masa kini.

Sebaiknya, di masa yang semakin canggih harus dibarengi dengan etika, adab dan menerapkan sikap kesopanan sedini mungkin di setiap sekolah. Hal ini dimaksudkan agar generasi selanjutnya bisa lebih baik kedepanya, sekaligus dapat mengamalkan apa yang telah tercantum dalam dasar negara kita, yakni Pancasila pada sila ke dua. 

Sebab, nilai adab kesopanan pada suatu negara dapat menjadi ciri kearifan lokal yang hakiki di mata dunia, sehingga perjuangan Kartini tetap berada pada stagnan yang masih stabil di zaman sekarang yang terus di dasarkan pada aspek nilai kesopanan yang telah diajarkan sejak dahulu kala.

Oleh: Nabila Nikmatul Laeli

COMMENTS

Nama

Artikel,77,Berita,562,buku,1,Cerpen,7,esai,2,Fakultas,74,features,9,Galeri,14,Histori,1,HMJ,5,Indepth,8,Kata Mereka,6,kolom,6,Opini,32,puisi,16,resensi,17,Sastra,27,Semarangan,50,Straight,143,Surat Pembaca,1,Tafakur,18,Tips,27,Tokoh,6,Universitas,136,Video,3,Wacana,63,
ltr
item
LPM MISSI: Kemunduran Adab Kartini Zaman Now
Kemunduran Adab Kartini Zaman Now
Merefleksikan makna kartini di zaman now, tentu akan teringat hari bersejarah pada tanggal 21 April. Sebab, kita diajak untuk mengenal jasa Raden Adjeng Kartini dalam mendirikan sekolah wanita sebagai wujud kecintaanya dalam mengabdi untuk bangsa, melalui langkah perjuangan atas simbol empansipasi wanita.
https://1.bp.blogspot.com/-V9rWBSWbkhc/XqBotuFoNgI/AAAAAAAAEyQ/l3fql6SI6cEF1QnOWvAHdG8B0K4fliTUQCLcBGAsYHQ/s640/WhatsApp%2BImage%2B2020-04-22%2Bat%2B22.46.55.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-V9rWBSWbkhc/XqBotuFoNgI/AAAAAAAAEyQ/l3fql6SI6cEF1QnOWvAHdG8B0K4fliTUQCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-04-22%2Bat%2B22.46.55.jpeg
LPM MISSI
https://www.lpmmissi.com/2020/04/kemunduran-adab-kartini-zaman-now.html
https://www.lpmmissi.com/
https://www.lpmmissi.com/
https://www.lpmmissi.com/2020/04/kemunduran-adab-kartini-zaman-now.html
true
6110729941806746376
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy