Gelar Sarjana, Bukan Segalanya

Tiap kita punya musuh besar Ia hadir menakutkan dari kegelapan. Menyengat lebih panas dari Aldebaran Lebih berbahaya dari King Cobra yang melumpuhkan. Lebih dingin daripada kutub Bumi yang membekukan. Di mana musuh itu berada? Dalam jiwa kita sendiri. Cara menaklukkannya? Engkau sendiri yang tahu, kawan.

Foto: Lpmmissi.com/ Doc.
Judul : Kami (Bukan) Sarjana Kertas
Penulis : J.S. Khairen
Penerbit              : PT. Bukune Kreatif Cipta
Tahun Terbit        : 2019
Jumlah Halaman : 358 halaman
Ukuran Buku : 14 x 20 cm
Resentator            : Sabrina Mutiara F

Tiap kita punya musuh besar
Ia  hadir menakutkan dari kegelapan.
Menyengat lebih panas dari Aldebaran
Lebih berbahaya dari King Cobra yang melumpuhkan.
Lebih dingin daripada kutub Bumi yang membekukan.
Di mana musuh itu berada?
Dalam jiwa kita sendiri.
Cara menaklukkannya? Engkau sendiri yang tahu, kawan.

Begitulah kutipan penggambaran cerita dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas. Novel ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan tujuh mahasiswa yang menimba ilmu di Universitas Daulat Elang Laksana (UDEL). Namanya terdengar aneh, karena UDEL bukanlah kampus impian bak di Film Televisi (FTV).

Mahasiswa disini mempunyai berbagai alasan mengapa mereka menjadikan kampus UDEL sebagai pelabuhannya. Ada yang karena uang dan otaknya tak mampu masuk Universitas unggulan, ada juga karena orang tuanya yang tak mampu membiayai untuk kuliah di kampus swasta dan ada pula yang cuman pengen kuliah disana.

Baca juga: Rumi, Penyair Ulung Bernuansa Tasawuf

Tujuh mahasiswa tersebut antara lain, Ogi, Gala, Randi, Juwisa, Chaterine, Sania dan Arko. Mereka berasal dari fakultas dan jurusan yang berbeda, hanya saja dipertemukan ketika kuliah pertama di kelas konseling. Berawal dari situlah mereka menjadi lebih akrab seperti orang yang sudah lama kenal.

Selama perkuliahan, mereka melewati masa dimana air mata, kebahagiaan, kesedihan, bangkit, jatuh, perjuangan, penyesalan, bercampur menjadi satu. Rasa saling tolong menolong, saling support dan percaya dalam persahabatan mereka menjadikan semua seakan baik-baik saja. Begitu pula mimpi besar yang hendak diwujudkan, terkadang akan terhalang oleh suatu hal yang mungkin tak terpikirkan.

Baca juga: Resensi Film Indie "Ketika Terlambatnya Ungkapan Cinta"

Ogi, contohnya. Mahasiswa jurusan Komunikasi tetapi memiliki keahlian di dunia Information Technology (TI). Ogi bukanlah mahasiswa dari kalangan berada, melainkan hanya seorang anak tukang tambal ban. Karena Ogi merasa keberatan dengan jurusan yang dipilih, ia sering titip absen dan tidak mengerjakan tugas. Pada akhir semester, Ogi dinyatakan Drop Out (DO) dari Kampus UDEL karena nilai dan sikap yang buruk. Ternyata Ogi ketahuan pernah mengonsumsi narkoba. Tidak lama setelah itu, Ayah Ogi meninggal dunia. Semua cobaan yang dihadapinya, membuat Ogi mencoba melakukan bunuh diri. 

Baiknya, apa yang dialami Ogi membuat dirinya bangkit dari keterpurukan. Berbekal ilmu IT yang dimilikinya, Ogi mencoba mengikuti seleksi magang di sebuah perusahaan Internasional untuk pecinta  IT di Ubud. Alhasil, Ogi diterima hingga bisa bekerja di perusahaan Alphabeth Inc bentukan Google.

Penulis J.S. Khairen secara tidak langsung mengkritik dan mengevaluasi semua pihak, mulai dari pendidik, peserta didik, orang tua dan standar sosial. Penggambaran cerita dalam novel tersebut berkaitan erat dengan kehidupan sekarang, seperti sistem pendidikan di Indonesia yang kurang bagus dapat memengaruhi psikologis peserta didik. Begitu pun dengan peran orang tua yang selalu bekerja keras demi menguliahkan anaknya. Namun, terkadang berbanding terbalik balasannya yang didapatkannya.

Baca juga: RESENSI BUKU "DI LAUT INDONESIA INGIN JAYA"

Kami (Bukan) Sarjana Kertas kiranya berhasil merubah pola pikir para pembacanya. Kutipan-kutipan yang ada disetiap pergantian bab, membuat kita  terpukul dan bertanya-tanya. Nilai moral yang bisa kita dapat yakni, banyak orang yang mengidamkan gelar sarjana. Tetapi kenyataannya tidaklah menjamin kehidupan di masa depan. Ketika kita sudah merencanakan progres ke depan dan berusaha semaksimal mungkin, tapi hasilnya kadang tidak sesuai harapan. Artinya, kita harus senantiasa berbenah dan pantang menyerah.

Cerita dalam novel ini hampir sama dengan novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, berlatar belakang pendidikan dan menceritakan keadaan yang terjadi saat itu. Hanya saja tokoh dan latar novel ini dibuat versi besar dengan alur lebih sederhana. Penulis sangat bagus mengemas kisah klasik ini dengan bahasa yang asik.

Terlepas dari kelebihan novel ini, terdapat beberapa perumpamaan yang sulit dipahami. Masih ada juga kesalahan ketik di beberapa kata. Yang paling disayangkan, penulis tidak memberi ending cerita dari kisah tujuh mahasiswa dan membuat banyak orang bertanya-tanya. Adakah kelanjutan dari cerita tersebut?

COMMENTS

Nama

Artikel,77,Berita,561,buku,1,Cerpen,7,esai,2,Fakultas,73,features,9,Galeri,14,Histori,1,HMJ,5,Indepth,8,Kata Mereka,6,kolom,6,Opini,32,puisi,16,resensi,17,Sastra,27,Semarangan,50,Straight,142,Surat Pembaca,1,Tafakur,18,Tips,27,Tokoh,6,Universitas,136,Video,3,Wacana,63,
ltr
item
LPM MISSI: Gelar Sarjana, Bukan Segalanya
Gelar Sarjana, Bukan Segalanya
Tiap kita punya musuh besar Ia hadir menakutkan dari kegelapan. Menyengat lebih panas dari Aldebaran Lebih berbahaya dari King Cobra yang melumpuhkan. Lebih dingin daripada kutub Bumi yang membekukan. Di mana musuh itu berada? Dalam jiwa kita sendiri. Cara menaklukkannya? Engkau sendiri yang tahu, kawan.
https://1.bp.blogspot.com/-TZ4u1Y3MGJo/Xqfi9siCn_I/AAAAAAAAEzg/m1SEmFPTZpseRJ9GigniGMfspJxRaF6ZACLcBGAsYHQ/s640/Resensi%2BBIBIN.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TZ4u1Y3MGJo/Xqfi9siCn_I/AAAAAAAAEzg/m1SEmFPTZpseRJ9GigniGMfspJxRaF6ZACLcBGAsYHQ/s72-c/Resensi%2BBIBIN.jpg
LPM MISSI
https://www.lpmmissi.com/2020/04/gelar-sarjana-bukan-segalanya.html
https://www.lpmmissi.com/
https://www.lpmmissi.com/
https://www.lpmmissi.com/2020/04/gelar-sarjana-bukan-segalanya.html
true
6110729941806746376
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy