Kesalahan Orang Berpuasa yang Perlu Diketahui

Umumnya orang berpuasa hanya menahan diri untuk tidak makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Padahal hakikat dari berpuasa adalah menahan diri dari keinginan maupun hawa nafsu (Tafsir Al-Baghawi).

www.google.com


Umumnya orang berpuasa hanya menahan diri untuk tidak makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.
 Padahal hakikat dari berpuasa adalah menahan diri dari keinginan maupun hawa nafsu (Tafsir Al-Baghawi).

Menurut Syaikh Abdur Rahman As-Sa’adirahimahulllah menjelaskan, hakikat berpuasa adalah meninggalkan perkara yang diharamkan oleh Allah berupa makan, minum, bersetubuh dan hal lain yang disenangi oleh nafsunya, dengan niat ingin mendekatkan dirinya kepada Allah serta membiasakan diri merasa diawasi oleh Allah.

Semua orang yang berpuasa harus mengetahui diantaranya: syarat wajib puasa, sunah-sunah puasa, hal-hal yang membatalkan puasa dan kesalahan orang yang berpuasa.

Dikutip dari kitab Arba’na Darsan Liman Adraka Ramadhan karya Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan umat Islam ketika sedang berpuasa:

1. Tidak melakukan niat pada malam hari atau sebelum fajar
Sebagian orang berpendapat bahwa niat puasa cukup dilakukan pada awal saja padahal niat berpuasa harus dilakukan setiap hari. Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ mengatakan :
“Wajib berniat di tiap hari, baik untuk puasa Ramdhan atau puasa lainnya. Masalah ini tidak ada khilaf (perbedaan pendapat) diantara kami. Apabila ada orang yang berniat di awal bulan Ramadhan akan berpuasa sebulan penuh, maka niatnya tidak sah (berlaku) kecuali untuk hari pertama saja,”

2.Tidak melalakukan sahur atau makan dua jam sebelum terbitnya fajar
Walaupun tidak membatalakan puasa, namun orang yang tidak melakukan sahur berarti menyelisihi Sunah, perlu diketahui bahwa sahur merupakan Sunah muaakad bagi yang berpuasa seperti dalam hadis Nabi “Bersahurlah karena dalam sahur terdapat berkah” (HR : Muslim)


3. Makan dan minum yang berlebihan ketika berbuka
Allah berfirman : “Makan dan minumlah dan jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS : Al-A’raf 31)
Sejatinya berpuasa adalah menahan diri dari keingininan baik makan dan minum meskipun sudah waktunya berbuka, jika orang berpuasa namun ketika berbuka Ia berlebihan maka hal tersebut dapat merusak atau mengurangi pahala puasanya.


4. Tidak menjaga lidah pada siang dan malam Ramadhan
 Apabila orang yang berpuasa masih berdusta, menggunjing dan melakukan hal keji, maka ia telah menodai puasanya. Sebagaimana Sabda Rasulullah
 “Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta, menggunjing serta berbuat usil. Maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya” (HR: Bukhori)

5. Meninggalkan Shalat tarawih secara berjamaah
 Rasulullah bersabda :
“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR : Bukhori)
Dari hadis tersebut terdapat anjuran untuk mencari pahala di malam hari dengan sholat tarawih berjamaah, sangat merugi orang yang melakukan puasa di siang hari namun tidak sholat tarawih berjamaah.

6. Menyia-nyiakan waktu yang mulia dengan tindakan yang sia-sia
 Waktu di bulan Ramadhan adalah waktu yang mulia, karena pada bulan ini amal perbuatan akan dilipat gandakan, maka rugilah orang yang menyia-nyiakan waktunya dengan tidur, menonton film, ngobrol atau duduk di pinggir jalan. Rasulullah bersabda :
“Diantara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR: Bukhori dan Muslim).


7. Begadang di malam hari, kemudian tidur hingga melewatkan shalat Subuh
Begadang merupakan kegiatan yang tidak disukai Rasulullah. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis  :
Nabi Muhammad membenci tidur sebelum isya’ dan beliau tidak menyukai obrolan setelah isya’. (HR: Ahmad).

Semoga kita dapat menjaga diri dari kesalahan-kesalahan diatas sehingga ibadah puasa kita tidak terjaga.

Siti Rohmah

COMMENTS

Nama

Artikel,73,Berita,546,buku,1,Cerpen,6,esai,2,Fakultas,69,features,9,Galeri,14,Histori,1,HMJ,5,Indepth,8,Kata Mereka,6,kolom,6,Opini,32,puisi,16,resensi,17,Sastra,26,Semarangan,41,Straight,127,Surat Pembaca,1,Tafakur,18,Tips,23,Tokoh,6,Universitas,135,Video,3,Wacana,59,
ltr
item
LPM MISSI: Kesalahan Orang Berpuasa yang Perlu Diketahui
Kesalahan Orang Berpuasa yang Perlu Diketahui
Umumnya orang berpuasa hanya menahan diri untuk tidak makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Padahal hakikat dari berpuasa adalah menahan diri dari keinginan maupun hawa nafsu (Tafsir Al-Baghawi).
https://3.bp.blogspot.com/-bErlI82dtQU/XOePTBmIIdI/AAAAAAAADvI/5LOb9OethIo6yUptGbECALKfX_gmeQ66gCLcBGAs/s1600/gggg.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-bErlI82dtQU/XOePTBmIIdI/AAAAAAAADvI/5LOb9OethIo6yUptGbECALKfX_gmeQ66gCLcBGAs/s72-c/gggg.jpg
LPM MISSI
http://www.lpmmissi.com/2019/05/kesalahan-orang-berpuasa-yang-perlu_24.html
http://www.lpmmissi.com/
http://www.lpmmissi.com/
http://www.lpmmissi.com/2019/05/kesalahan-orang-berpuasa-yang-perlu_24.html
true
6110729941806746376
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy