Katakan “Weleh” Pada Masalah

Siapa yang tidak kenal masalah? Sesuatu yang tidak disukai oleh orang-orang karena dapat menimbulkan suatu malapetaka dan memicu konflik. Sebenarnya masalah itu apa sih?



Siapa yang tidak kenal masalah? Sesuatu yang tidak disukai oleh orang-orang karena dapat menimbulkan suatu malapetaka dan memicu konflik. Sebenarnya masalah itu apa sih? Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan (dipecahkan), soal, persoalan. Gampangannya sih gini, masalah itu sesuatu yang rumit dan wajib dimusnahkan agar pikiran bisa jernih kembali.

Tiba-tiba saya teringat dengan pitutur ibu saya seperti ini, nak duwe masalah ki ojo terlalu dipikir, tah kayak Ibu. Welehin aja masalah mengko leh gak setres (kalau ada masalah itu jangan terlalu dipikir, kayak ibu nih. Welehin aja masalah biar tidak setres). Kata menarik yang saya garis bawahi dari pitutur Ibu adalah kata “weleh”. Kata “weleh” yang menjadi misteri dan absurd untuk dipahami. Sebenarnya makna “weleh” itu apa sih?

Baca juga: Tanggung Jawab

Setelah lama termenung saya mencoba untuk menafsirkan kata “weleh” secara sederhana. Kata “weleh” lebih mudahnya dimaknai sebagai ketenangan dalam menanggapi masalah. seperti halnya makna “weleh” pada Gus Dur dengan cara tersenyum ataupun makna “weleh” bagi Cak Nun dengan cara menertawainya. 

Walaupun makna “weleh” dalam arti sederhananya adalah menyikapi masalah dengan tetap tenang, tapi ketengan itu bukanlah hanya diam dan sabar, melainkan ketenangan dengan gaya pribadi dalam meluapkan masalah tersebut. Seperti halnya gaya presiden jancukers Sujiwo Tejo dengan kata-kata “Jancuk”nya.


Pada hakikatnya makna “weleh” pada setiap orang memiliki cara-cara sendiri dan merupakan sesuatu hal yang sering dilakukan. Tidak hanya dengan tenang dalam menanggapinya, tapi juga dapat dilakukan dengan cara menertawakan, mengumpati atau yang lainnya. Kata “weleh” bukanlah suatu teori penyelesaian masalah, melainkan hanya bentuk simbol sikap diri dalam menanggapi masalah.

Makna “Weleh” mengajarkan saya, bahwa setiap masalah itu jangan terlalu dipikir pusing, melainkan dibuat santai dan dikerjakan bukan hanya dipikirkan saja dan berakhir galau. Kalau kata cowok sih tinggal ngopi, tapi kalau kata cewek tinggal shoping. Mulai dari sekarang, katakan “weleh” pada masalah dan buat aktivitasmu berwarna kembali.

Oleh: Sekarwati

COMMENTS

Nama

Artikel,72,Berita,547,buku,1,Cerpen,6,esai,2,Fakultas,70,features,9,Galeri,14,Histori,1,HMJ,5,Indepth,8,Kata Mereka,6,kolom,6,Opini,32,puisi,16,resensi,17,Sastra,26,Semarangan,41,Straight,128,Surat Pembaca,1,Tafakur,18,Tips,22,Tokoh,6,Universitas,135,Video,3,Wacana,58,
ltr
item
LPM MISSI: Katakan “Weleh” Pada Masalah
Katakan “Weleh” Pada Masalah
Siapa yang tidak kenal masalah? Sesuatu yang tidak disukai oleh orang-orang karena dapat menimbulkan suatu malapetaka dan memicu konflik. Sebenarnya masalah itu apa sih?
https://4.bp.blogspot.com/-jGKEhDNmgTQ/XA-i9mZeBwI/AAAAAAAADM8/sEA9sdz5e8sDBhuU_PkqazH43NConUwOgCEwYBhgL/s640/Katakan%2Bweleh%2Bpada%2Bmasalah.png
https://4.bp.blogspot.com/-jGKEhDNmgTQ/XA-i9mZeBwI/AAAAAAAADM8/sEA9sdz5e8sDBhuU_PkqazH43NConUwOgCEwYBhgL/s72-c/Katakan%2Bweleh%2Bpada%2Bmasalah.png
LPM MISSI
http://www.lpmmissi.com/2018/12/katakan-weleh-pada-masalah.html
http://www.lpmmissi.com/
http://www.lpmmissi.com/
http://www.lpmmissi.com/2018/12/katakan-weleh-pada-masalah.html
true
6110729941806746376
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy